Perpustakaan SMA NEGERI 1 TAPUNG HILIR Mendapatkan Akreditasi dari Perpusnas RI


SMA Negeri 1 Tapung Hilir
Sumber : Kemendikbud RI 

Tapung Hilir, MediaTapungRaya.com — Perpustakaan SMA Negeri 1 Tapung Hilir berhasil mendapatkan Akreditasi dari Perpusnas RI dari Asesor Senior, Drs. H.Sudirwan Hamid, M.H yang didampingi dengan asesor dari Provinsi Riau, Kun Wardoyo. Proses Akreditasi tersebut dilakukan pada tanggal 24/03/22 di hotel Mona, Pekanbaru.

Plaksanaan akreditasi bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pustaka. SMA Negeri 1 Tapung Hilir dipilih karena ada beberapa item penilaian sehingga bisa mendapatkan nilai dan diakui statusnya di perpustakaan Nasional.

Sebelumnya di tahun 2019, lewat Media Center Riau, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hilir berhasil menjadi salah satu dari tiga sekolah yang dicanangkan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) yang ada di Kabupaten Kampar, Riau.

Tidak hanya menjadi sekolah ramah anak, SMA ini juga menyandang gelar Adiwiyata, sekolah Gaul Anti-Kekerasan dan baru-baru ini menjadi Sekolah Literasi dalam perjuangannya mendapatkan akreditasi perpustakaan.

Sudirwan Hamid selaku Asesor Perpusnas RI menyampaikan, “Adapun kriteria penilaian tersebut meliputi koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguat,"

Selain perpustakaan SMA Negeri 1 Tapung Hilir, ada pula perpustakaan lain dari SMA dan Desa yang ikut dalam pelaksanaan akreditasi ini, di antaranya:

  • Perpustakaan SMAN 2 Siak Hulu
  • Perpustakaan SMPN 3 Tambang
  • Perpustakaan SMPN 1 Bangkinang Kota
  • Perpustakaan Desa Bukit Kratai
  • Perpustakaan Desa Bukit Sembilan
Bambang selaku perwakilan Kabid Pengembangan dan Pembinaan pustaka, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar menyatakan bahwa pentingnya perpustakaan mendapatkan akreditasi, nantinya dapat meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan, baik itu di bidang pelayanan serta koleksi buku yang ada dan juga menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan itu sendiri.

Bambang juga menuturkan bahwa ia dan Kedinasan akan mengupayakan yang terbaik untuk kemajuan dan perkembangan perpustakaan yang ada di kabupaten Kampar.

Sumber Terkait:

  1. Media Center Riau - SEKOLAH RAMAH ANAK
  2.  InfoPublik - AKREDITASI PERPUSTAKAAN KAMPAR

Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Lebih baru Lebih lama